Selasa, 29 Maret 2011

mari berdifusi!!

Pastinya, anda pernah membuat kopi dong. Yang di mana proses pembuatannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menuangkan beberapa sendok teh kopi ke dalam cangkir yang berisi air panas, dan tak lupa untuk mengaduknya. It’s so simple.

Namun di balik kesimpelan proses di atas, ternyata tersembunyi sebuah proses yang luar biasa dahsyat, bahkan sangat dahsyat. Terutama pada saat kopi mulai masuk ke dalam air. Apa yang kira-kira akan terjadi? Air tersebut secara perlahan-lahan mulai menjadi warna kopi. Hal ini terjadi karena kopi yang semula berada di satu tempat menyebar kemana-mana. Proses inilah yang disebut difusi. Yang dimana proses ini merupakan perpindahan zat dari suatu konsentrasi yang tinggi menuju konsentrasi yang rendah.

Maksudnya kurang lebih seperti ini. Bahwa semula air tidak memiliki konsentrasi sang kopi, sementara kopi betul-betul terpusat pada sendok teh, yang dalam bahasa ilmiahnya, kopi pada sendok teh memiliki konsentrasi tertinggi. Saat mereka bercampur, kopi mulai menyebar ke daerah-daerah di mana konsentrasi kopi rendah.

Bukankah proses ini menunjukkan kedermawanan?

Bayangkan saja, ia rela berbaur terhadap lingkungannya..

Yang semula ia kaya akan harta berupa ‘kopi’, ia berdifusi kepada yang tak mampu. Memberikan ‘hartanya’ sampai betul-betul tak ada superioritas yang tercipta, sampai semuanya betul-betul setara.

Yang semula ia kaya akan ‘ilmu’, ia berdifusi semampunya..

Yang semula ia tinggi kekuasaannya, namun ia gunakan superioritasnya itu untuk keadilan bersama…

Difusi merupakan proses kedermawanan

Apabila kopi tersebut tidak berdifusi, apakah masih nikmat untuk kau seduh?

Saya rasa, jawaban tersebut mutlak TIDAK. Karena di situlah indahnya proses difusi. Proses kedermawanan, simbol keadilan. The Power of Giving

Karena kita kan selalu kuat dengan menguatkan..

Karena kita kan selalu maju dengan memajukan..

Maka memberilah dan berdifusilah!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ikhsanun Kamil Pratama © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates