Selasa, 02 November 2010

apakah ini masih 'saya'

Sebetulnya siapa ‘saya’??
Apakah sesuatu yang disebut ‘saya’ adalah tubuh dan jiwa ini secara keseluruhan??
Seluruh tubuh, dari ujung rambut, sampai ujung kaki
Adalah saya??

Bilamana..
Kakiku diharuskan untuk diamputasi..
Apakah kakiku masih berperan sebagai ‘saya’?

Bilamana…
Ada suatu kondisi yang menyebabkan
Tanganmu terputus dari batang tubuhku
Apakah tangan itu masih berupa ‘saya’?

Bilamana..
Ada kondisi yang mengharuskan saya
Untuk mengganti jantung ini dengan jantung buatan
Apakah jantung yang tergantikan oleh yang buatan ini
Masih tergolong ‘saya’?

Lantas, ‘saya’ itu apa??
Apakah ‘saya’ hanya sebatas kesadaran yang berada di ‘balik’ batang otak’??
Tepatnya di daerah RAS batang otak.
Apakah ‘saya’ hanya sebatas batang otak??
Ooh, ataukah, lebih tepatnya, ‘saya’ sebatas RAS batang otak??

Lantas, saat RAS saya rusak
‘saya’ menghilang?

Ternyata
‘saya’ bukanlah jantung saya
‘saya’ bukanlah paru-paru saya
‘saya’ bukanlah kaki saya

Tepatnya
Organ tubuhku hanyalah pinjaman semata
Tiada yang kumiliki…
Termasuk kesadaranku…
Termasuk ‘saya’
‘saya’ hanyalah pinjaman
‘saya’ bukanlah ‘sesuatu’ yang memiliki
‘saya’ adalah ‘sesuatu’ yang dimiliki
Oleh Tuhan saya, kamu, dan kita semua
Oleh Tuhan Yang Maha Esa, Maha Perkasa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ikhsanun Kamil Pratama © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates